Belanda vs Jerman 1-2 | EURO 2012

Euro 2012 : Hasil Pertandingan Tadi Malam Jerman vs Belanda Hasil dan jalan Pertandingan Piala eropa 2012 atau EURO 2012 Antara Belanda vs Jerman 1-2

Hasil Euro 2012 - Jerman berhasil mengalahkan Belanda 2-1 dalam lanjutan penyisihan grup B di Metalist Stadium, Kharkiv, Kamis (14/6/2012) dini hari WIB. Kedua gol Jerman dicetak oleh Mario Gomez, sedangkan gol Belanda dicetak oleh Robin van Persie.

Sejak awal pertandingan, kedua tim memeragakan umpan-umpan pendek. Namun, Belanda bermain lebih agresif demi mengejar gol. Sedangkan, Jerman bermain sabar dan menunggu pemain De Oranye melakukan kesalahan.

Belanda meraih peluang emas pertama pada menit 7 melalui sontekan Robin van Persie memanfaatkan umpan terobosan Wsley Sneijder.

Jerman yang bermain sabar mendapat peluang emas pertama semenit kemudian melalui tendangan voli Mesu Oezil dari luar kotak penalti.

Robin van Persie yang diplot sendirian di depan [un kerap menghadirkan ancaman ke gawang kawalan Manuel Neuer.

Belanda mendominasi pertandingan namun kerap kebingungan dalam menghadirkan ancaman ke gawang Jerman karena disiplinnya kuartet pertahanan Jerman. Skuat asuhan Bert van Marwijk itu mengandalkan umpan-umpan terobosan memanfaatkan celah pertahanan Jerman yang menempel ketat Robin van Persie.

Jerman yang bermain taktis, menanti pemain Belanda kehilangan kendali. Kesabaran pun berbuah hasil. Memperagakan umpan-umpan pendek, Jerman unggul terlebih dahulu pada menit 24 melalui sontekan Mario Gomez yang berhasil lolos dari jebakan offside pertahanan Belanda . Umpan terobosan Bastian Schweinsteiger dengan tenang dimanfaakan pemain keturunan Spanyol itu untuk menjebol gawang Marten Stekelenburg. Gol itu pun membuat torehan gol penyerang Bayern Muenchen itu di Euro 2012 menjadi dua gol.


Video Gol Belanda vs Jerman 1-2 Grup B Euro 2012

Tertinggal 1 gol, Belanda semakin intens menyerang, bertumpu pada Arjen Robben. Sayang, pemain Bayern Muenchen itu kerap kewalahan menghadapi penjagaan Phillip Lahm yang notabene rekan seklubnya. Robben terlihat kesulitan melewati bek mungil itu. Robben pun bermain sedikit ke tengah menghindari kawalan Lahm.

Terlalu fokus membangun serangan, Belanda justru lengah mengawal pertahanan. Beberapa kali, umpan-umpan terobosan lini tengah Jerman membuat Mario Gomez yang ditempatkan sendirian di depan beberapa kali menghadirkan ancaman ke pertahanan Belanda.

Mario Gomez memperbesar keunggulan Jerman menjadi 2-0 pada menit 38 melalui sepakan keras yang tidak dapat dibendung Stekelenburg. Berkat gol itu, Gomez menempatkan dirinya sejajar dengan gelandang serang Rusia, Alan Dzagoev sebagai top scorer Euro 2012 dengan 3 gol.

Unggul 2-0, Jerman tetap bermain tenang dan menerapkan umpan-umpan pendek untuk memanjakan Gomez. Pertahanan Belanda terlalu mudah ditembus, praktis kiper Stekelenburg harus bekerja keras menyelamatkan gawang.

Hingga turun minum, Jerman masih unggul 2-0.

Memasuki babak ke-dua, pelatih Bert van Marwijk langsung menurunkan Rafael van der Vaart dan Klaas-Jan Huntelaar menggantikan Mark van Bommel dan Ibrahim Afellay guna menambah daya gedor tim.

Jalannya pertandingan di babak ke-dua pun serupa dengan babak pertama. Jerman menguasai jalannya pertandingan. Masuknya Van der Vaart dan Huntelaar tidak terlalu mengubah alur permainan De Oranye.

Jerman pun semakin intens mengurung pertahanan Belanda. Marten Stekelenburg pun harus berjibaku menahan gempuran tim Panzer melalui penyelamatan-penyelamatan gemilangnya.

Terkurung, permainan Belanda tidak berkembang. Ancaman ke gawang Manuel Neuer pun tidak banyak. Praktis hanya tendangan Robin van Persie pada menit 58 saja yang mengancam gawang kiper Bayern Muenchen itu. Serangan-serangan Belanda yang dibangun Wesley Sneijder, Rafael van der Vaart, Robin van Persie, Arjen Robben, dan Klaas-Jan Huntellar selalu berhasil dimentahkan lini pertahanan Jerman yang bermain sesuai karakter aslinya, disiplin.

Disiplin tinggi pertahanan Jerman justru membuat pasukan Belanda semakin gencar menyerang. Asa Belanda pun meningkat setelah Robin van Persie berhasil memperkecil ketertinggalan menjadi 1-2 melalui sepakan kaki kanannya pada menit 74.

Berhasil mencuri gol, skuat De Oranye sekain terpacu untuk menyamakan kedudukan. Belanda balas menekan pertahanan Jerman sambil mencari celah. Wesley Sneijder sang otak serangan pun mengalirkan bola di depan kotak penalti Jerman, dari sisi kiri, tengah, dan kanan.

Menghadapi Belanda yang semakin gencar melontarkan serangan, pelatih Jerman, Joachim Loew mengganti Mario Gomez dan Mesut Oezil dengan Miroslav Klose dan Toni Kroos untuk mengimbangi agresifitas Belanda.

Kejadian unik terekam ketika Arjen Robben digantikan Dirk Kuyt pada menit 83. Tampak tidak puas dengan pertandingan, Robben tidak menghampiri Kuyt. Winger botak itu justru memilih keluar dari sisi berlawanan bangku pemain sambil menunjukkan ekspresi kekecewaan.

Kredit khusus layak diberikan bagi pertahanan Jerman yang disiplin. Gempuran-gempuran Belanda selalu berhasil dipatahkan. Hingga peluit akhir dibunyikan, Jerman tetap unggul 2-1 dari Belanda.

Susunan pemain

Belanda: Stekelenburg, Van der Wiel, Heitinga, Mathijsen, Willems, Van Bommel/van der Vaart (46'), N. De Jong, Sneijder, Robben/Kuyt (83'), Van Persie, Afellay/Huntelaar (46')

Jerman: Neuer, Hummels, Badstuber, Lahm, Boateng, Khedira, Schweinsteiger, Özil/Kroos (81'), Müller, Podolski, Gomez/Klose (72')

Mungkin Ini Yang Anda Cari

loading...

Related Posts

Comments