Kronologi Kebakaran di Gunung Lawu

Pada Minggu (18/10/2015) pukul 13.40 WIB di petak 73 KPH Gunung Lawu telah terjadi kebakaran hutan akibat perapian/api unggun dari pendaki gunung yang ditinggal dan belum dipadamkan. (Baca: 5 Pendaki Diduga Tewas Terjebak Kebakaran Gunung Lawu)

Berikut kronologi kebakaran yang diduga merenggut nyawa lima pendaki Gunung Lawu berdasarkan data dari Pusat Data Informasi dan Humas BNPB



1. Pukul 08.00 WIB terlihat kepulan asap di sekitar Pos 3 Cemoro Sewu, Magetan.

2. Pukul 09.30 WIB tim gabungan dari Perhutani, anggota Koramil 0804/02 Plaosan dan masyarakat menuju TKP untuk melaksanakan pemadaman.

3. Pukul 13.40 WIB Tim gabungan yang sedang menuju TKP mendapatkan informasi dari pendaki Mansur Salim (46) warga Ds Rowosari, Kec Tembalang, Kab Semarang Jateng bahwa telah menolong seorang pendaki tepatnya antara Pos 4 dan Pos 3 atas nama Dita Kurniawan (18) pelajar SMK Yoso Negoro Magetan, alamat Ds Candirejo Kec/Kab Magetan dan mendapat informasi juga dari pendaki yang telah ditolong bahwa ada 8 orang korban yang masih terjebak di atas.

4. Pkl 14.00 WIB, Dita Kurniawan, dibawa turun ke Pos 1 dan menceritakan bahwa pada Sabtu (17/10/2015) telah mendaki melalui Jalur Cemoro Kandang, Karanganyar bersama 13 orang. Namun 11 orang temannya belum diketahui keberadaanya karena terpisah dalam perjalanan. (Baca juga: Lima Pendaki Lawu yang Diduga Tewas dari SMK Yaso Negoro).

5. Pkl 14.20 WIB Tim gabungan menemukan 1 korban Eko Nurhadi (45) alamat Ngawi dalam keadaan luka bakar 50% (perut, tangan dan wajah ).

6. Pkl 14.30 WIB Korban dievakuasi ke Pos 1 Pemberangkatan, selanjutnya korban dievakuasi menuju RSUD DR Sayidiman Magetan.

7. Sampai dengan Pkl 18.00 WIB Tim gabungan TNI, Polri, Perhutani, BPBD, AGL ( Anak Gunung Lawu) dibantu Masyarakat Cemoro Sewu dan Singolangu masih melaksanakan penyisiran dan evakuasi.

8. Hasil penyisiran sementara sampai dengan saat ini diperoleh infomasi korban kebakaran hutan yang terjadi diantara Pos 3 dan Pos 4 adalah 8 orang dengan rincian lima orang meninggal, dua dalam kondisi kritis dan masih dalam proses evakuasi.


sindonews

Mungkin Ini Yang Anda Cari

loading...

Related Posts

Comments