Tips Aman Belanja Online

Semakin canggih teknologi membuat hampir semua hal dapat dilakukan dengan cepat dan praktis, dan tentunya dapat semakin mempermudah hidup seseorang.

Salah satu hal yang oleh karena teknologi dapat dilakukan dengan lebih praktis dan efisian adalah berbelanja. Kini dengan sistem belanja secara online, anda tidak perlu jauh-jauh pergi ke Kuba hanya untuk membeli cerutu. Hal itu bisa dilakukan dari kediaman anda, di depan komputer yang tersambung dengan jaringan internet.

Seiring dengan perkembangan teknologi untuk mempermudah kehidupan manusia, perkembangan teknologi untuk dunia kejahatan juga semakin meningkat. Tak jarang para penjahat tersebut memanfaatkan orang-orang yang suka berbelanja secara online, untuk dikuras uangnya, tanpa disadari sang korban.

Seperti yang dikutip dari Humas Polda Metro Jaya, berikut tips aman berbelanja secara online:

1. Lakukan pengamatan atau riset mengenai alamat situs yang menyediakan toko online, anda bisa cek alamat, nomor kontak hingga alamt email.

2. Jangan terlalu mudah memberikan data pribadi anda, seperti KTP, SIM, kartu kredit, ATM, nomor rekening, hingga nomor handphone anda.

3. Ada baiknya anda juga cek harga yang tertulis di website dengan yang ada di toko kota anda, untuk mengetahui perbandingan harganya.

4. Setiap situs toko online pastinya mempunyai kebijakan ataupun peraturan, perhatikan dengan teliti mengenai maksud dan isinya. Tanyakan juga kalau perlu jika barang cacat sampai diterima dan bagaimana kebijakannya.

5. Gunakan password yang berbeda di setiap transaksi, hal ini untuk mengantisipasi adanya pencurian data.

6. Tanyakan apakah system belanjanya memiliki bukti yang dikirim via email dan printout.

7. Pada saat anda meng"klik" pemesanan maupun pembelian, perhatikan pada browser bar, apakah ada gambar tanda seperti kunci gembok atau scure. Karena hal itu penting untuk mengetahui apakah jalur yang anda gunakan merupakan jalur aman ( scure area ).

8. Dalam transaksi biasanya tiap toko online akan menawarkan berbagai cara, seperto via kartu kredit, Paypal, Transfer langsung via bank. jika anda belum berpengalaman, lebih baik menggunakan transfer langsung. Sekarang ini cara yang kurang aman adalah dengan Kartu Kredit.

9. Untuk belanja online area internasional, lebih baik gunakan PayPal

10. Selalu bersihkan data chace komputer yang anda gunakan untuk belanja online, agar semua data yang telah anda kirimkan ke toko online tersebut terhapus.

11. Pastikan untuk lebih aman, pada waktu terjadi transaksi, pada alamat web menjadi https://

12. Selalu update data software anti virus di komputer.

Tribunnews.com

Mungkin Ini Yang Anda Cari

loading...

Related Posts

Comments