8 Penyebab Kanker Payudara

Penyebab kanker payudara hingga kini masih sulit diprediksi. Banyak wanita yang menjalani gaya hidup sehat tapi tetap bisa mengidap penyakit ini, padahal di lain pihak banyak wanita yang merokok, mengkonsumsi alkohol dan hidup dengan pola yang tidak sehat malah baik-baik saja dan jauh dari kanker.

Sebuah statistik menunjukkan bahwa satu dari delapan wanita menderita kanker payudara, jumlah yang sangat banyak dan harus membuat semua wanita berhati-hati.

Berdasarkan penelitian oleh Cancer Research UK, sebuah Yayasan Peneliti Kanker di Negara Inggris, terdapat sejumlah penyebab kanker payudara. Namun daftar ini hanya bersifat indikator dan tidak mutlak.

1. Riwayat keluarga

Seorang wanita dengan saudara perempuan, ibu atau anak perempuan menderita kanker payudara memiliki resiko dua kali lipat daripada yang tidak memiliki riwayat keluarga. Beberapa ahli medis menyebut kanker payudara ditularkan secara keturunan.

2. Obesitas

Kegemukan atau obesitas meningkatkan resiko kanker payudara pada wanita pasca menopause sebesar 30%, karena kelebihan lemak tubuh meningkatkan kadar hormon estrogen dan insulin, yang menjadi penyebab umum terjadinya kanker.

3. Umur

Semakin tua seorang wanita, semakin tinggi resikonya menderita kaker payudara. Wanita berusia 50-69 berada dalam kategori usia yang paling berisiko, terutama bagi mereka yang mengalami menopause terlambat.

4. Persalinan

Wanita muda yang memiliki anak memiliki resiko yang rendah terkena kanker payudara.

5. Gaya Hidup

Berolahraga teratur dan diet yang sehat dapat membantu mengurangi resiko dengan membuang lemak tubuh yang berbahaya. Merokok dan mengkonsumsi alkohol akan meningkatkan resiko kanker payudara.

6. HRT

Wanita yang menggunakan terapi hormon pengganti memiliki resiko sebanyak 66% kanker terkena payudara tapi resikonya bersifat sementara, jika terapi dihentikan dan tidak pernah dilakukan lagi selama lima tahun.

7. Oral kontrasepsi

Kontrasepsi berupa pil meningkatkan resiko sebanyak seperempat kali lipat tapi karena pengguna oral kontrasepsi kebanyakan adalah wanita muda maka resiko menjadi lebih rendah.

8. Alkohol

Mengkonsumsi alkohol dapat meningkatkan resiko kanker payudara sebanyak 12%.

Delapan penyebab kanker payudara di atas bersifat indikator, artinya penyebab utama kanker tetap tidak bisa dijelaskan. Tetapi meskipun demikian menjalani gaya hidup sehat tentu tidak merugikan dan bahkan akan meningkatkan kesehatan tubuh secara menyeluruh. (wartanews.com)

Mungkin Ini Yang Anda Cari

loading...

Related Posts

Comments