Jogja Java Carnival 2010

Jogja Java Carnival 2010 - Warga Yogyakarta semalam seakan tumpah ruah di jantung kota, Malioboro, untuk menyaksikan gelaran Jogja Java Carnival, dalam rangka memeriahkan HUT kota Jogja ke-254, Sabtu (16/10/2010)

Sejak pukul 18.00 Wib jalan Malioboro ditutup dan sudah sangat dipadati oleh para pengunjung yang memang sudah menanti gelaran ini. Malioboro yang memang selalu ramai menjadi semakin penuh sesak bahkan penonton berebut dan berdesakan mencari posisi yang paling enak supaya bisa melihat pertunjukan kali ini. Bahkan atap pertokoan pun dijadikan area yang cukup dipadati penonton.

Untuk membuka jalan serombongan wayang orang ber-roller blade disertai sepeda dan becak hias yang juga dikendarai para wayang orang. Penonton dengan setia menanti sekitar satu jam untuk melihat keseluruhan karnaval. Keunikan mewarnai peserta karnaval. Mulai dari badut dan juga wayang orang seperti tokoh gatot kaca yang menggunakan egrang. Bahkan ada juga para bule yang menggunakan kebaya dan sorjan ala Jogja.

Kereta kencana pun diturunkan untuk mengangkut Dimas dan Diajeng tahun ini. Jogja Java Carnival yang mengambil tema Harmonight ini juga menampilkan budaya dari negara-negara lain seperti Afrika Selatan, Thailand, Timur Tengah, China dan banyak lagi. Banyak juga penampilan dari sanggar-sanggar budaya dan yang menakjubkan adalah disertakannya juga seni kontemporer ditambah keunikan bola dunia besar yang ditempeli wayang orang sambil menari.

Puteri bulan dan tokoh Nyai Roro Kidul pun juga ikut memeriahkan karnaval. Tidak ketinggalan pula pertunjukan makhluk hidup lainnya, binatang seperti elang jawa, merak dan kawan-kawannya, juga pohon dan bunga yang berwujud manusia. Naga raksasa yang dikendalikan oleh jimmy jeep ternyata cukup menyita jalan utama malioboro. Tokoh manga dengan gaya harajuku dan kartun Jepang lainnya termasuk tokoh utama di manga one piece cukup menyita perhatian penonton.

Tidak jarang penonton berdecak kagum, berteriak riang dan bertepuk tangan melihat Jogja menyisihkan waktu, berdesakan, menanti cukup lama bahkan banyak yang duduk di jalan karena gelaran ini memang sangat layak di nanti.

Mungkin Ini Yang Anda Cari

loading...

Related Posts

Comments