Gunung Berapi Bawah Laut Sulawesi - Video

Video Youtube - Gunung Berapi Bawah Laut Sulawesi - Video - Ekspedisi bersama Indonesia-AS di lautan dalam di Sulawesi Utara, sonar multi cahaya kapal penelitian Okeanos milik NOAA berhasil memetakan sebuah gunung berapi bawah laut, sementara kamera yang dikendalikan dari jarak jauh oleh kapal tersebut mengambil gambar dengan definisi tinggi (high definition) kawasan Kawio Barat yang mengacu pada wilayah perairan barat Kepulauan Kawio. Gunung ini diperkirakan memiliki ketinggian 10 ribu kaki atau lebih dari 3.000 meter.



Para peneliti menggunakan sistem sonar dan peralatan robotik, remotely operated vehicle (ROV) yang dilengkapi kamera beresolusi tinggi — untuk mengeksplorasi dasar laut Sulawesi.

Ekspedisi bersama ini dilaporkan di oceanexplorer.noaa.gov di mana sebagian besar situs tersebut ditulis dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Situs tersebut memuat catatan harian dari para ilmuwan baik yang berada di laut maupun di darat, gambar-gambar dari ekspedisi, dan rencana pelajaran pendidikan ekspedisi (http://oceanexplorer.noaa.gov/edu/welcome.html)

yang sejalan dengan Standar Pengajaran Pendidikan Nasional AS.

[vivanews/okezone]

Mungkin Ini Yang Anda Cari

loading...

Related Posts

Comments